aku dan semua di dunia

Thursday, October 16, 2008

Lumpia Njogja

Secara umum, makanan nyang satu ini nggak ada bedanya ama lumpia Semarang kalo diliat dari luarannya. Nah, setelah lihat hargany baru deh penasaran. Harganya dipatok murah bangetz, yang tertulis di gerobaknya
Biasa 1.000
Ayam 2.000
Spesial 3.000
Sangat beda sekali dengan lumpia Semarang yang harganya mulai dari 5.000 rupiah.

Setelah diliat2 isinya, ternyata baru ketauan kalo ini lumpia emang beda ma yang ada di Semarang, kalau di Semarang isinya rebung, nah di Jogja ini isinya kecambah ama sedikit mie didalamnya dan tetep ada rebungnya walaupun dikit. Buat yang nggak tau rebung, nah rebung iti adalah bambu muda yang bisa dimakan.

Akhirnya aku pesan merata alias yang biasa, ayam dan spesial biar bisa ngerasain semuanya. Sayang eh sayang si penjual yang ramah ini baru aja dodolan alias jualan so they just start to make the lumpia. Yang udah siap baru yang ayam, kalau yang biasa baru mau digoreng. Sambil nunggu aku pesen deh tu 1 buah lumpia ayam buat dimakan ditempak. Mereka menyajikan lumpia itu dengan disobek tengahnya dan diberikan bumbu, bumbu ini campuran antara bawang putih dan kelapa muda, kerasa banget deh plus dikasi acar juga n ga lupa lombok rawit (cabe rawit) yang waktu itu guedem pol.

1 Lumpia habis n ternyata ketagihan, jadi pesen 1 lagi deh. Akhirnya pesenan pun jadi, karena udah makan ditempat 2 buah, so aku hanya membungkus 2 ayam dan 2 biasa. Nah pada proses pembayaran, aku baru sadar bahwa mereka menggunakan minyak yang baru bukan minyak sisa seperti yang digunakan pedagang gorengan pada umumnya. Walau wajannya besar tetapi tidak sebesar wajan tukang gorengan pada umumnya sehingga menurut prediksiku mereka akan menambah minyak baru dalam beberapa kali penggorangan.

Hmmm muran, renyah, bumbu terasa dan minyaknya baru. Ini lebih higienis dan sehat sepertinya. And satu lagi, siap-siap antri.

Kalau mau dapatin ni lumpia, ini terletak didepan hotel mutiara deket banget dari shelter ke 2 bus trans jogja, dari shelter turun,trus jalan ke kiri ke arah mall malioboro, cuma sekitar 20 meter dari shelter kok.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home