aku dan semua di dunia

Thursday, February 10, 2011

AIAO - sebuah ide

Dear all,

Semalam tiba tiba terfikirkan tentang AIAO, maka Saya beranikan diri untuk coba tuangkan pikiran saya tersebut dalam email ini kepada seluruh anggota AIAO.

AIESEC, sebuah organisasi yang menyatukan kita. Yang membuat kita selalu memiliki semangat untuk belajar dan menggali setiap potensi yang ada dalam diri kita untuk berkontribusi positif terhadap lingkungan. Yang selalu membuat kita "belajar" tanpa kenal waktu, seakan akan 24 jam sehari tidak cukup untuk belajar melalui AIESEC.

Ada yang menghabiskan 3 tahun di AIESEC, bahkan 4, 5 atau 6 tahun di AIESEC. Terlalu banyak kenangan di AIESEC.

Semua keinginan untuk memberikan kontribusi itu berlangsung ketika kita dibangku kuliah dulu (tepatnya D3 atau S1). Kita menamakan diri kita "agent of positif change". Dan ketika kita mengakhiri masa kuliaah kita (biasanya diikuti dengan berakhirnya masa aktif di AIESEC) maka seakan akan kita memasuki dunia nyata. Ada yang berkata "welcome to the real world". Dunia dimana kita sibuk dengan pekerjaan, dengan teman teman baru, bahkan membina keluarga.

Dari situ, seakan akan kontribusi positif yang kita ingin ciptakan terhenti sementara. Tetap ada, namun dengan porsi yang sangat kecil. Walaupun sebagian diantara kita memang bekerja di bidang bidang yang berhubungan dengan organisasi yang memberikan kontribusi kepada masyarakat (saya salut dengan alumni yang bekerja di organisasi semacam ini). Namun, seberapa besar alumni AIESEC yang bekerja dibidang itu, bagaimana dengan alumni lainnya yang terpaku dengan kegiatan rutinitas.

Saya membayangkan, bila alumni alumni AIESEC yang masih baru lulus ini membuat sebuah wadah, berdiskusi, saling tukar pikiran dan membuat kegiatan kegiatan positif bagi masyarakat, maka kontribusi yang kita (sebagai individu alumni AIESEC) berikan akan semakin besar. Termasuk juga mereka dapat belajar bersama, meningkatkan kualitas diri sehingga membentuk diri sebagai individu yang lebih berwawasan dan berkualitas. Masa umur 20an merupakan masa yang baik untuk terus berkontribusi bagi pengembangan diri sendiri dan juga lingkungan.

Dan bagi alumni alumni yang memang sudah memiliki posisi bagus, bisa berkumpul dan memberikan kontribusi lebih besar lagi, mulai dari kegiatan sosial bersama, sharing pengalaman, sharing ilmu dsb, maka akan semakin besar lagi kontribusi yang bisa kita berikan. Alumni alumni ini adalah "citra" dari AIESEC. Karena beriringnya waktu mereka adalah output yang AIESEC ingin bentuk 10-20 taun setelah mereka meninggalkan AIESEC.

Saya teringat diskusi mengenai hubungan antara AIAO dan AIESEC dalam email teman teman di bulan Januari lalu, dimana di Februari ini akan direncanakan pertemuan untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai AIAO. Semoga pikiran kecil saya ini bisa menjadi salah satu ide untuk membuat AIAO sebagai "lanjutan" dari sebuah "pembelajaran" untuk kita dalam memberikan kontribusi terhadap lingkungan kita.

1 Comments:

Blogger ronggopengkolan said...

wehhh ono nduwe blog to pak de :D (tur)

8:42 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home